Contoh Tabel Perkembangan Total Omset Lazada VS Matahari

PERBANDINGAN OMSET & PRESENTASE TOKO ONLINE & TOKO RETAIL.




Di Era modern ini sedang hangat perbincangan dalam masyrakat apakah sudah terjadi perubahan gaya belanja masyarakat dari berbelanja secara Offline menjadi berbelanja secara Online?, Untuk menjawab pertanyaan diatas kami telah melakukan penelitian kecil mengenai hal tersebut dengan menggunakan sample perusahaan Lazada yang mewakili Toko Online (E-commerce) dan Matahari yang mewakili Toko Offline (Retail). Sebelum menuju jawaban mari pertama-tama kita mengenal terlebih dahulu Company Profile dari kedua perusahaan tersebut.

Lazada


Lazada Indonesia adalah situs belanja daring yang menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga. (Wikipedia).

Matahari Departement Store

Matahari Department Store adalah sebuah perusahaan ritel di Indonesia yang merupakan pemilik dari jaringan toserba Matahari. Saat ini, Matahari Department Storemerupakan salah satu anak perusahaan dari Lippo Group, (Wikipedia).

Tabel Perkembangan Omset & Presentase


Tahun
Matahari
Lazada
Omset
Presentase
Omset
Presentase
2012
$5.616.932
 %
 $
2013
$6.754.326
 20,25%
 $75.50

2014
$7.925.547
 17,34%
 $154.300.000
104,3% 
2015
 $9.006.893
 13,64%
$433.000.000 
180,62% 
2016
 $9.897.046
 9,88%
$1.300.000.000 
200,23% 

Kesimpulan:

Lazada, terjadi peningkatan omset setiap tahun nya dalam kurun waktu empat tahun terakhir dan di ikuti kenaikan presentase yang pesat. Ini menunjukan bahwa setiap tahun nya jumlah orang yang berbelanja di Lazada meningkat.

Matahari, Terjadi peningkatan omset dalam kurun waktu Lima tahun terakhir, namun intensitas orang berbelanja di Ritel Matahari menurun hal ini dapat dilihat dari presentase yang menurun setiap tahun nya.

Berdasarkan data tersebut dapat di simpulkan bahwa Terjadi perubahaan gaya belanja dalam masyrakat dari berbelanja langsung menjadi berbelanja secara online.

Sumber-Sumber:



Comments

Popular Posts