Memahami Sistem Informasi Geografis (SIG)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Definisi Sistem Informasi Geografis

BAKORSURTANAL (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional) menjabarkan SIG sebagai kumpulan yang terorganisir dari perangkat keras komputer, perangkat lunak, data geografi, dan personal yang didesain untuk memperoleh, menyimpan, memperbaiki, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan semua bentuk informasi yang ber-refrensi geografi.

Menurut Burrough P.A (1986), SIG adalah alat yang bermanfaat untuk mengumpulkan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan, serta pengubahan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.


Intinya SIG adalah proses pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data menjadi informasi yang akurat, mudah dipahami, dan bermanfaat bagi para pengguna informasi tersebut.

Komponen Sistem Informasi Geografis






SIG merupakan sistem, sehingga terdapat komponen-komponen yang saling berkaitan dan mendukung. Pada dasarnya komponen-komponen tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi peran manusia sebagai pengelola sangat penting, sehingga komponen SIG secara lengkap terdiri atas perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia.



1. Perangkat Keras (Hardware)

yaitu komponen SIG yang berupa perlengkapan yang mendukung kerja SIG. Perangkat keras ini terdiri dari seperangkat komputer seperti CPU, monitor, printer, digitizer,scanner, plotter, CD Room, floopy, dan flashdisk. Perangkat keras lain yang digunakan adalah plastik transparan dan ballpoin warna transparan.

2. Perangkat Lunak (Software)

yaitu komponen SIG yang berupa programprogram yang mendukung kerja SIG, seperti input data, proses data, dan output data, di samping program kerja seperti Mapinfo, Arcview,dan sebagainya.

3. Manusia sebagai Pengguna
 
yaitu pelaksana yang bertanggungjawab dalam proses pengumpulan, proses, analisis, dan publikasidata geografis.


Dalam SIG terdapat berbagai peran dari berbagai unsur, baik manusia sebagai ahli dan sekaligus operator, perangkat alat (lunak/keras) maupun objek permasalahan. SIG adalah sebuah rangkaian sistem yang memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan analisis spasial. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan lunak komputer untuk melakukan pengolahan data-data berikut ini.


1. Perolehan dan verifikasi
2. Kompilasi
3. Penyimpanan
4. Pembaruan dan perubahan
5. Manajemen dan pertukaran
6. Manipulasi
7. Penyajian
8. Analisis

 Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan antara Peta dan SIG


unsur
peta
sistem informasi geografis
kekurangan
a. Bahan tidak stabil
a. Biaya tinggi serta pemeliharaan terus menerus.

b. Biaya tinggi waktu updating
b. Biaya tinggi untuk data awal.

c. Format ruwet
c. Perlu keahlian khusus

d. Memakan tempat penyimpanan
d. Kompatibilitas data sulit

e. Susah untuk memperbaharui
e. Output hard copy dalam skala peta mahal



kelebihan
a. Mudah untuk dibawa
a. Sangat efisien untuk lapisan peta yang baik

b. Mudah untuk dipakai
b. Cepat untuk cek update

c. Bentuk standar
c. Pemeliharaan data per unit murah

d. Umum
d. Data atribut dan peta mudah dimanipulasi


dengan mudah

e.teknologi biasa
e. Interaktif antara peta dan komputer

Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis

A. Perencanaan Pembangunan


Sebagai negara berkembang, negara kita terus mengalami proses pembangunan. Pembangunan merupakan konsekuensi tanggung jawab negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Agar pembangunan tersebut bisa berlangsung dengan baik, lancar, dan tepat sasaran maka dibutuhkan data informasi yang akurat. Data-data yang disediakan oleh SIG dapat dijadikan acuan agar proses pembangunan dapat berlangsung sesuai yang diharapkan. Berikut ini dua contoh manfaat SIG dalam perencanaan pembangunan.

B. Inventariasi Sumber Daya Alam

Proses pembangunan membutuhkan ketersediaan sumber daya alam. Informasi tentang sumber daya alam secara cepat dan akurat sangat dubutuhkan untuk mendukung proses pembangunan. Dengan bantuan perkembangan teknologi SIG dapat mendukung menyediakan informasi tentang sumber daya alam. 

C. Pemasaran Produk Industri

 
Perkembangan teknologi informasi semakin cepat dan terbuka sehingga
mendorong ketatnya persaingan dalam bidang pemasaran produk. Dalam
situasi seperti ini perusahaan harus mampu mengemas pemasaran secara
efektif, efisien, murah, dan cepat. 

D. Proses dalam Sistem Informasi Geografis

1. Cara Manual 

Cara ini dilakukan dengan pengolahan data melalui perhitunganperhitungan dengan menggunakan alat bantu sederhana. Ketepatan dan ketelitian hasil yang diperoleh selain bergantung kepada ketepatan danketelitian data yang terkumpul, juga bergantung kepada keterampilan dan ketelitian orang yang mengolah data tersebut.

2. Cara Modern


Cara modern dilakukan melalui pengolahan data melalui komputer sehingga pengolahan data dapat diselesaikan lebih cepat dan ketelitian hasilnya juga lebih tinggi. Komputerisasi dalam SIG dipastikan dapat memberikan berbagai keunggulan.



a. Pengolahan data lebih mudah dan cepat.
b. Jika terjadi kesalahan dalam memasukkan, data mudah di update.
c. Jika membutuhkan data yang terdahulu, data yang dimaksud mudah dicari.
d. Data lebih aman karena dapat dikunci dengan kode atau secara fisik.
e. Penyimpanan data lebih hemat dan ringkas.
f. Mudah dibawa atau dipindahkan.
g. Relatif murah.

1.1. Kegiatan Input Data SIG



Data dalam SIG dibedakan menjadi dua, yaitu data grafis dan data non-grafis. Data grafis adalah data
yang disimpan dalam bentuk titik, garis, dan area. Data tersebut merupakan kenampakan yang dapat dilihat dalam bentuk titik koordinat, simbol, dan tata nama. Data non-grafis adalah data yang menunjukkan karakteristik, kualitas, serta keterkaitan antar kenampakan dalam peta atau data grafis.
Berdasarkan sumbernya, data SIG dapat dibedakan menjadi tiga bagian.

a.       Data lapangan/terristris, yaitu pengumpulan data yang diperolehlangsung dari pengukuran lapangan. Misalnya pengukuran pH tanah, salinitas air, curah hujan suatu wilayah, sensus penduduk,dan sebagainya.

b.      Data peta, yaitu informasi yang terekam pada peta kertas atau film, kemudian dikonversikan kedalam bentuk digital. Misalnya peta geologi, peta tanah, peta kemiringan lereng, peta kependudukan, dan sebagainya. Apabila data sudah terekam dalam bentuk peta, kita tidak lagimemerlukan data lapangan, kecuali untuk pengecekan kebenarannya.

c.       Data citra pengindraan jauh, yaitu pengumpulan data berupa foto udara atau citra satelit. Dapat diintepretasikan terlebih dahulu sebelum dikonversikan kedalam bentuk digital, sedangkan citra yang diperoleh dari satelit dalam bentuk digital dapat langsung digunakan setelah iadakan koreksi sebelumnya.

Cara memasukkan data ke dalam SIG dapat dilakukan melalui tigacara, yaitu penyiaman, digitasi, dan tabulasi. Penyiaman (scanning) adalah proses mengubah data grafis kontinu menjadi data grafis diskrit yang terdiri atas sel-sel penyusun gambar. Digitasi merupakan proses pengubahan data grafis analog menjadi data grafis digital dalam struktur vektor. Tabulasi adalah proses memasukkan data atribut SIG dengan pembuatan tabel. Pembuatan tabel dalam SIG sangat penting karena tidak semua data SIG dalam bentuk grafis, tetapi ada juga yang berbentuk non-grafis. Skema proses kerja Sistem Informasi Geografis, yaitu kombinasi kerja antara hardware, software, pengumpulan data dan informasi, serta manajemen data atau pengguna.

1.2. Kegiatan Penyimpanan dan Pemrosesan Data



Kegiatan penyimpanan merupakan proses pengaturan dan penyimpanan data input yang ditempatkan pada posisi-posisi tertentu agar data tersebut sewaktu-waktu dapat diproses tanpa mengalami kesulitan. Data tersebut kemudian diproses sesuai dengan tujuan yang direncanakan untuk menghasilkan data baru hasil pengolahan SIG. Pengolahan data secara manual dilaksanakan dengan menggunakan cara overlay (tumpangsusun). Pengolahan dengan komputer dilakukan dengan menggunakan programprogram yang sesuai kebutuhan.

1.3. Kegiatan Pelaporan Data


Kegiatan pelaporan data merupakan proses menampilkan hasil pengolahan data setelah sebelumnya dianalisis. Data yang ditampilkan dapat berupa peta, tabel, grafik, atau video.







Comments

  1. terimakasih karna sangat membantu dan menambah wawasan.
    jangan lupa kunjungi website saya https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/vespisti1511500047
    dan kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. terimakasi artikelnya sangat membantu saya ,dan saya bisa mengerti..

    jangan lupa kunjungi juga web saya : https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/armifitra/beranda

    ReplyDelete
  3. terimakasih artikelnya sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi juga web saya : https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/hafizzul-akbar/beranda

    ReplyDelete
  4. artikelnya sangat membantu dan bisa dipahami

    kunjungi website saya : https://tasyans.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus : http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  5. Artikel pembahasan tentang sistem informasi geografis yang baik sekali serta mudah dipahami. Yang memberikan wawasan baru kepada saya dan memotivasi untuk mempelajari lebih dalam lagi. Terima kasih atas ilmu yang sangat bermanfaat ini semoga anda lebih bersemangat lagi dalam menulis serta memberikan ilmu yang bermanfaat lainnya sekali lagi terima kasih.


    Bila ada waktu jangan lupa kunjungi website saya meong.mahasiswa.atmaluhur.ac.id.
    Dan juga website kampus saya www.atmaluhur.ac.id.
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  6. Sebagai negara berkembang, negara kita terus mengalami proses pembangunan. Pembangunan merupakan konsekuensi tanggung jawab negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Agar pembangunan tersebut bisa berlangsung dengan baik, lancar, dan tepat sasaran maka dibutuhkan data informasi yang akurat. Data-data yang disediakan oleh Sistem Informasi Geografi
    SIG dapat dijadikan acuan agar proses pembangunan dapat berlangsung sesuai yang diharapkan. Berikut ini dua contoh manfaat SIG dalam perencanaan pembangunan

    ReplyDelete
  7. Artikel ini memberikan wawasan baru kepada saya dan memotivasi untuk mempelajari lebih dalam lagi. sangtat bermanfaat sekali. Terima kasih atas ilmu yang sangat bermanfaat ini semoga anda lebih bersemangat lagi dalam menulis serta memberikan ilmu yang bermanfaat lainnya sekali lagi terima kasih.

    jangan lupa kunjungi website saya https://cesartitanrakayuzha.blogspot.com/
    Dan juga website kampus saya ke www.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts