Managing Strategies in Objective and Focus Perspective

Strategic Management


A. Strategi harus Objektif:

Artinya strategi harus kuantitatif (Bisa dihitung). realistik, dan measurable (terukur).

1. Not Managing by Objectives

  • Managing by Crisis
adalah cara membuat karyawan bekerja lebih rajin dengan memberikan tekanan.
  • Managing by Subjectives
merupakan sebuah sarana perencanaan dan pengendalian.
  • Managing by Hope
adanya harapan dan motivasi, untuk mengetahui apa yang orang harapkan.
  • Managing extraplotation
Bersikeras melakukan hal yang sama.

2. Level dalam Organisasi

  1. Corporate (Kepala / Komisaris)
  2. Division (Top Management)
  3. Function (Operational)

3. Alternative Strategies Defined and Examplified

  • Foward Integration
dilakukan dengan cara membeli pasar / customer untuk menarik customer.
Contoh: LOREAL membeli salon, Indomie bekerjasama dengan beberapa UKM.
  • Backward Integration
dilakukan dengan cara membelli Supplier nya sendiri.
Contoh: Kompas gramedia membeli perusahaan penerbit.
  • Horizontal Integration
dilakukan dengan cara meng-akuisisi usaha milik pesaing.
Contoh: HSBC membeli Permata bank.
  • Market Development
Diajarkan dulu cara menggunakan nya, baru dijual ke pasaran.
Contoh: Teknologi baru.
  • Product Development
Menaikkan penjualan dengan memodifikasi produk.
Contoh: Unilever mengembangkan pepsodent ke berbagai variant.
  • Related Diversification
Memiliki usaha lain dalam satu unit usaha.
Contoh: Restoran padang ada buka martabak mesir.
  • Unrelated Diversification
memiliki beragam usaha, dalam berbagai relasi.
Contoh: Bank Lippo memiliki usaha sektor properti yaitu Meikarta.

B. Defensive vs Focus Strategy

1. Defensive Strategies

  • Liquidation
Adalah strategi yang membubarkan perusahaan dengan cara menjual aset dan pelunasan utang.
  • Bankrupt Strategy
Strategi yang mendeklarasi bangkrut agar lepas dari tuntutan utang.

2. Focus Strategy

  • Niche Market
Strategi yang menghindari persaingan pasar besar untuk memasuki pasar yang tak tersentuh.
  • Joint Venture
Bekerja sama dengan supplier, dilakukan dengan cara membeli sebagian saham supplier..
  • Aliansi
Bekerja sama dengan kompetitor, tidak bisa saling membeli, namun bekerja sama.
  • Merger
Penggabungan dua perusahaan dengan menggunakan salah satu nama perusahaan tergabung.

Comments

Popular Posts