Definisi dan Tujuan Cost Allocation

COST ALLOCATION


Definisi Cost Allocation

Cost Allocation merupakan salah satu isu penting dalam akuntansi manajemen. Bagaimana biaya-biaya yang terjadi dialokasikan ke objek biaya, seperti: produk, kelompok pelanggan, aktivitas dan divisi.

Biaya Servis Departement

Tujuan Cost Allocation

  1. untuk menghitung biaya produk atau jasa.
  2. untuk mengevaluasi dan mengingatkan divisi pusat laba (profit centre) bahwa biaya tidak langsung ada, profit centre harus mampu menutup biaya corporate cost tidak hanya biaya yang terjadi pada divisinya saja.
  3. memotivasi manajer untuk berprestasi pada suatu tingkat usaha yang tinggi.
  4. memberikan insentif yang benar bagi para manajer.
  5. menggunakan jasa internal internal secara efisien.

Metode Alokasi Biaya 

1. Metode Langsung (Direct Methode)

Biaya-biaya yang terjadi di departemen jasa 1 dan jasa 2 langsung di alokasikan ke departemen operasi 1 dan operasi 2

2. Metode bertahap (Step Method)

Dalam metode ini satu departemen jasa akan dipilih untuk dialokasikan seluruh biaya nya ke departemen jasa yang lain dan ke departemen operasi.

3. Metode Timbal Balik

Dalam metode ini mempertimbangkan hubungan timbal balik jasa yang diberikan antara satu departemen jasa dengan departemen jasa lain.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG KAMI

Artikel Menarik Lain:

Kunjugi Juga:

Info Properti Indonesia





Comments