Karakteristik dari pesan bisnis yang baik.

Karakteristik dari pesan bisnis yang baik haruslah mencakup 6 faktor sebagai berikut:

  • Courtessy

Penggunaan pesan yang sopan santun dan bersih sehingga membuat suasana hati pembaca baik.
  • Correctness 

 Bebas dari kesalahan, harus menarik dan bersih sehingga membuat suasana hati pembaca baik.
  •  Conciseness

Ringkas dan padat adalah hal yang penting dalam pesan bisnis tertulis.
  • Clarity

Kejelasan, jika pesan kurang jelas akan membuat frustasi dan membingungkan pembaca.
  • Concreteness

Penulisan yang konkret tidak berisi kata-kata yang akan membuat salah paham pembaca.
  • Completeness

Anda menulis informasi yang ingin diketahui pembaca. 

Menurut bovee, et al. (2003) , untuk bisa efektif sekurang-kurang nya pesan bisnis harus memiliki karakteristik sebagai berikut: 

1. Purposeful

setiap pesan haruslah memiliki maksud / tujuan (purpose) yang spesifik.

2. Audience - Centered

 Pesan bisnis haruslah membantu audience dalam memahami tujuan pesan. Oleh karena itu pesan berorientasi kepada audience.

3. Concise

Pesan bisnis harus menghormati waktu setiap orang dengan memberikan informasi secara jelas / efisien.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG KAMI

Comments