Karakteristik dari pesan bisnis yang baik.
Karakteristik dari pesan bisnis yang baik haruslah mencakup 6 faktor sebagai berikut:
Courtessy
Penggunaan pesan yang sopan santun dan bersih sehingga membuat suasana hati pembaca baik.
Correctness
Bebas dari kesalahan, harus menarik dan bersih sehingga membuat suasana hati pembaca baik.
Conciseness
Ringkas dan padat adalah hal yang penting dalam pesan bisnis tertulis.
Clarity
Kejelasan, jika pesan kurang jelas akan membuat frustasi dan membingungkan pembaca.
Concreteness
Penulisan yang konkret tidak berisi kata-kata yang akan membuat salah paham pembaca.
Completeness
Anda menulis informasi yang ingin diketahui pembaca.
Menurut bovee, et al. (2003) , untuk bisa efektif sekurang-kurang nya pesan bisnis harus memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Purposeful
setiap pesan haruslah memiliki maksud / tujuan (purpose) yang spesifik.
2. Audience - Centered
Pesan bisnis haruslah membantu audience dalam memahami tujuan pesan. Oleh karena itu pesan berorientasi kepada audience.
3. Concise
Pesan bisnis harus menghormati waktu setiap orang dengan memberikan informasi secara jelas / efisien.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG KAMI
Kunjungi Juga: Blog Sistem Informasi , Yoscar's Blog
Comments
Post a Comment